KABEL UTP CROSS DAN STRAIGHT

KABEL UTP CROSS DAN STRAIGHT

Untuk menghubungkan jaringan komputer menggunakan kabel yaitu straight dan cross cable, perbedaan dari keduanya adalah susunan kabel yang berbeda, sedangkan fungsinya jika cross cable digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama, misal PC dengan PC, HUB dengan HUB, Dll. Sedangkan straight cable untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, misal PC dengan HUB, HUB dengan SWITCH, Dll.

Kabel Straight

Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung lainnya. urutan kabel straight standart adalah seperti dibawah sini yaitu sesuai dengan standart TIA/EIA 368B (yang banyak dipakai) atau kadang kadang juga dipakai sesuai standart TIA/EIA 368A sebagai berikut.

Cara membuat kabel straight:
1. kupas bagian ujung kabel utp kira kira 2 cm.
2. buka pilinan kabel, luruskan & urutkan kabel sesuai standart gambar.
3. setelah urutannya sesuai standart, potong dan ratakan ujung kabel menggunakan crimping/gunting.
4. masukkan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.














5. lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah "mengigit" tiap-tiap kabel. biasanya akan terdengar bunyi klik.

Kabel Cross

Kabel Cross merupakan kabel yang memiliki susunan berbda antara ujung satu dengan ujung lainnya. Kabel cross digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. gambar dibawah ini adalah susunan kabel cross.

contoh penggunaan kabel cross adalah:
1. menghubungkan PC dengan PC.
2. menghubungkan Switch dengan Switch.
3. menghubungkan Router dengan Router.
4. menghubungkan PC dengan Router.

Untuk membuat kabel cross dan straight diperlukan barang barang berikut:

1. Crimping tool








2. Kabel utp














3. Konektor RJ-45











4. LAN tester


sekian informasi tentang Kabel UTP cross dan straight cable, semoga bermanfaat.

0 komentar: