Perangkat input,Output,proses,penyimpanan

Perangkat input,Output,proses,penyimpanan

 

1.      Unit Masukan ( Input Device )

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.

Contoh perangkat Input;
1.      Keyboard:  Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
2.      Mouse:  Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
3.      Touchpad: Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
4.      Light pen: Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
5.      Joy Stick dan Games Paddle: Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
6.      Barcode: Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
7.      Scanner: Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
8.      Kamera: berfungsi untuk mengambil gambar(foto/video).
9.      Mikropon dan Headphone: Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
10.  Graphics Pads: Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads.

2.      Unit Keluaran (Output Device)

Alat output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi yang dibutuhkan.

Contoh perangkat Output:
1.      Monitor: monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.
2.      Printer: Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
3.         Speaker: Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

 

3.      Alat Proses

Alat proses adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input.

Contoh perangkat pemprosesan:
1.      CPU: Sebagai otak dan pengendali proses kinerja  computer, dengan dibantu komponen  lainnya.
2.      ALU (Arithmetic Logical Unit): Berfungsi untuk melakukan suatu proses  data yang berbentuk angka dan logika,  seperti data matematika dan statistika
3.      Motherboard: Sebagai pusat pengendali yang mengatur  kerja dari semua komponen yang  terpasang padanya serta mengatur  pemberian daya listrik pada setiap  komponen PC.
4.      Processor: Berfungsi sebagai pengolah data serta  membaca instruksi dari memori tentang  apa yang harus dilakukan dan  mengeksekusinya
5.      ROM (Read Only Memory): Untuk menyimpan firmware
6.      RAM (Random Access Memory)        : Untuk menyimpan data dan instruksi  yang dibutuhkan untuk menyelesaikan  sebuah perintah
7.      Dll.

4.      Perangkat penyimpanan (Mass Storage)

Perangkat penyimpanan Adalah perangkat keras yang difungsikan untuk menyimpan data. Mass Storage termasuk dalam kelompok perangkat I/O device. Macam mass storage antara lain floppy disk, harddisk, CD-ROM, DVD, Flashdisk, dll.

Contoh perangkat penyimpanan:
1.      Floppy Disk: Floppy disk atau disket adalah alat untuk memyimpan data, namun dengan kapasitas yang relatif kecil. Kemampuan simpan dari disket sekitar 1,44 MB. Untuk melakukan penyimpanan dan pembacaan disket diperlukan adanya floppy disk drive.
2.      Harddisk: Harddisk digunakan dengan tujuan sebagai tempat penyimpan data yang digunakan untuk satu komputer.
3.      Flashdisk: Flash disk adalah alat untuk menyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB.
4.      CD-ROM: CD-ROM (Copact Disc-Read Only Memory) dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. Namun, apabila dibandingkan dengan harddisk dan flash drive, akses untuk membaca data yang terdapat di CD-ROM lebih lambat.
5.      CD-RW: CD-RW (CompactDisc-ReWriteable) merupakan versi lain dari CD-ROM yang dilengkapi kemampuan untuk dibaca dan ditulis. Kita dapat menghapus data yang terdapat di CD-RW dan kemudian mengisinya dengan data yang lain.
6.   Dll

0 komentar: